Lindungi Diri dari Virus Corona

Posted by

Oleh: Rani Bella

masa-kini.id-Virus korona atau Covid 19 hari demi hari tingkat penularannya semakin tinggi di Indonesia, pada bulan Februari lalu pemerintah dengan bangga mengumumkan bahwa Indonesia bebas dari virus corona. Namun, selang beberapa hari terdapat dua pasien yang terjangkit Covid-19. Menurut data detiknews.com jumlah pasien yang terkena virus corona mulai tanggal 2 hingga 20 Maret mencapai 309 orang (termasuk yang sudah sembuh), di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terdapat lima orang yang positif virus Covid-19.

Setetelah adanya surat dari World Health Organization (WHO) yang ditujukan kepada Presiden Indonesia pada 11 Maret 2020, maka pemerintah mengeluarkan peraturan Kepres no 7 tahun 2020 tentang gugus tugas percepatan penanganan corona virus disease 2019 (COVID-19) guna meredam penyebarannya.

Selain itu di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga sudah banyak sekolah dan kampus melakukan kuliah online sejak tanggal 16 Maret 2020, hal ini dilakukan agar para siswa dan/atau mahasiswa tidak terpapar Covid-19.  Tindakan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan juga dilakukan di tempat umum seperti stasiun kereta api, malioboro, dan  kampus (UNY).

Namun apakah tindakan tersebut cukup untuk meminimalisir agar anda tidak terjangkit Covid-19? Tentu saja pencegahan eksternal tidak akan efektif, bila tidak ada kesadaran dari individu sendiri.

Berada Dirumah, Jauhi Tempat Keramaian

Pilihan terbaik bagi anda ialah dengan tetap stay dirumah menghabiskan waktu dengan keluarga ada baiknya menunda keluar bila untuk hal yang kurang penting, keluar  rumah hanya pada saat keperluan yang mendesak saja. semakin ramai orang yang anda kunjungi, semakin besar persentasi anda terpapar Covid-19.

Sering Cuci Tangan

Diharuskan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun setiap menyentuh benda seperti membuang sampah, menggunakan toilet dan menyentuh kucing. Bila anda sedang ditempat umum dan susah mendapatkan air bersih dan sabun anda dapat menggunakan  hand sanitizer.

Jaga Distance dengan Orang

Sebisa mungkin anda harus menjaga jarak dengan orang lain karena Covid-19 dapat menular walau hanya dengan kontak fisik dan itu dapat tidak disadari. Ada baiknya anda berhenti berjabat tangan, berpelukan, mencium ataupun tepukan dipunggung.

Periksa Mandiri Covid-19 Secara Digital

Sebelum pergi ke rumah sakit anda harus mengetahui gejala-gejala yang yang anda, anda tidak perlu panik dan khawatir karena anda dapat mengakses secara gratis di alamat http://.klikdokter.com/pages/cek-virus-corona. Mengutip dari liputan6.com, Direktur Utama KlikDokter Dino Bramoto mengatakan melalui fitur yang ada halaman tersebut KlikDokter membantu masyarakat untuk melakukan deteksi awal Covid-19. 

“Dokter-dokter kami juga siap 24 jam melayani pertanyaan dan konsultasi secara online dan gratis secara online guna membantu khalayak luas. Kami berharap kontribusi dari kami bisa berguna bagi masyarakat” ujar Doni.

Rani Bella, Ilmu Komunikasi UNY.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *