Perubahan

Posted by

Adalah Profesor James O’Toole yang menulis 33 Hypotheses Why People Resist Change. Dalam bukunya, “Leading Change: The Argument for Values-Based Leadership”, O’Toole membedahkan 33 alasan paling komprehensif mengapa orang cenderung menolak perubahan.

Di sini hanya akan disebut tiga alasan saja. Pertama, orang takut perubahan karena tidak paham peta jalan di depan. Kedua, karena orang tidak tahu apa yang akan diubah dan bagaimana cara mengubahnya. Ketiga, ada egoisme sangat kuat untuk tidak mengakui kesalahan selama ini.

Karena itu, teori kepemimpinan mengatakan bahwa mengubah persepsi dan keyakinan orang itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jika memengaruhi pikiran satu orang saja susah, bagaimana dengan ratusan juta orang. Tetapi, patah arang bukan sikap pemimpin masa depan.

Sebaliknya, masyarakat yang cerdas tidak boleh anti-perubahan. Sepanjang sudah diketahui ke arah mana layar kapal dipancangkan dan program untuk menuju pantai harapan tersebut telah demikian gamblang, tidak sepantasnya egoisme tetap bersemayam dan terus merintangi perubahan.

“Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari kemarin, sungguh dia beruntung. Barangsiapa yang hari ini sama dengan kemarin, sungguh dia merugi. Barangsiapa yang hari ini lebih buruk dari kemarin, sungguh dia celaka.” Bukankah itu bunyi kalimat hikmah yang sering sekali kita dengar?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *