Remaja Kecanduan Game Online

Posted by

Oleh: Novia Agri Kusumaningrum*)

Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Media yang dihasilkan pun memiliki sifat atau karakteristik beragam inovasi yang dapat digunakan oleh banyak orang apalagi pada zaman serba teknologi saat ini.

Perannya  yang besar tersebut menyebabkan suatu media telah menjadi perhatian penting masyarakat. Kemunculan internet memberikan ruang bagi kemudahan akses dalam berbagai bidang kehidupan sosial, termasuk media komunikasi. Perubahan dari komunikasi secara tradisional menjadi modern pun tidak terhindarkan.

Masyarakat membentuk pola komunikasi baru dengan media penghubung yang lebih cepat dalam menyampaikan informasi. Adanya internet tidak lepas dari pengaruh globalisasi yang telah meluas. Fitur-fitur yang ditampilkan juga dapat menarik masyarakat untuk ikut serta menggunakannya, contohnya yaitu game online.

Game online merupakan suatu permainan digital yang menggunakan akses internet untuk menghubungkannya dengan pemain-pemain lainnya dengan waktu yang bersamaan.

Permainan ini dirancang sebagai bentuk alternatif hiburan bagi masyarakat untuk melampiaskan kebutuhan psikologisnya agar dapat menyegarkan pikiran kembali setelah melakukan aktivitas yang melelahkan.

Munculnya teknologi yang baru akan menantang masyarakat pada pemahaman mengenai penggunaan yang tepat sebuah media. Menurut survei yang dihimpun dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet-Internet (APJII), pada tahun 2017 yang lalu menyatakan bahwa terdapat 54,68 persen atau sekitar 143,26 juta orang telah menggunakan internet dari total seluruh populasi masyarakat negara Indonesia.

Data tersebut diprediksi akan terus meningkat sehingga membuktikan bahwa internet yang kini hadir ditengah kehidupan manusia sebagai media massa yang modern akan meubah pola aktivitasnya yang cenderung praktis. Klaim internet untuk status medianya berdasarkan teknologi yang canggih, perilaku penggunaan, jumlah konten dan layanan, serta citra yang penting.

Kemudahan menjangkau masyarakat yang luas dalam hitungan waktu yang relatif singkat sebagai pengaruh adanya globalisasi. Internet dapat dikatakan sebagai media dengan bentuk aplikasi yang hebat dan cepat penyebarannya di seluruh dunia.

Internet hadir sebagai media elektronik yang memiliki andil cukup besar untuk memberi ruang dalam mengakses game online. Seiring perkembangan game online, akan membawa pengaruh bagi pemainnya. Ketergantungan para pemain dengan game online dapat merubah kepribadian seseorang menjadi berperilaku kompulsif, agresif serta cuek pada lingkungan sekitar.

Masa teknologi yang dapat dikatakan sebagai “era modern” telah membawa kemajuan bagia suatu negara pada penggunaan media yang dapat digunakan dengan cepat dalam mengakses informasi atau hiburan. Media berbasis teknologi kini semakin banyak digunakan oleh remaja khususnya. Mereka memanfaatkan teknologi pada waktu luang sebagai sarana hiburan dari rutinitas yang dirasa membosankan.

Game online sangat dikagumi oleh para remaja karena bukan hanya dapat dimainkan secara lokal saja namun sampai jaringan luar negeri. Salah satu  efek negatif dari adanya game online yang dimainkan remaja adalah adanya perubahan fisik serta emosial remaja yang tidak terkontrol dengan baik.

Kemunculan game online bukan hanya akan mempengaruhi kehidupan sosial pemainnya yang pastinya akan menyita banyak waktunya untuk bermain game tersebut, tetapi juga terkadang dikhawatirkan akan mempengaruhi kejiwaan seseorang jika bermainnya hingga waktu yang lama.

Game online di Indonesia mulai muncul sekitar tahun 1990-an dan semakin dikenal masyarakat pada tahun 2003 dengan jenis permainan awal bernama Regnarok Online, Gunbond dan Seal Online.

Pada awalnya, untuk dapat bermain game online tersebut pemain harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Namun untuk menarik pemain baru yang sebelumnya belum mengetahui adanya game online, kemudian tidak diberlakukan lagi sistem pembayaran atau dilakukan secara gratis. Sehingga pemain baru lebih tertarik dan ingin memainkan permainan tersebut.

Game online memiliki daya tarik sendiri dengan memberikan kepuasan batin dan memberikan tantangan untuk dapat memenangkan permainan tersebut. Kecanggihan teknologi juga membuat game online mengalami perkembangan. Awalnya game online hanya bisa dimainkan pada media komputer saja tetapi saat ini, segala bentuk permainan game online dapat dimainkan melalui gadget sehingga semakin mempermudah pemain dalam melakukan permainan kapan saja dan dimana saja.

Usia remaja diapahami sebagai masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa yang rentan untuk mudah dipengaruhi untuk melakukan kegiatan yang menurut mereka membuat kepuasan pada psikologinya.

Masa remaja dipahami sebagai pencarian jati diri dengan melakukan aktivitas yang sesuai dengan kepribadiannya. Game online sebagai sarana hiburan yang memiliki fitur yang menarik, berisi gambar dan animasi sehingga akan membuat remaja semakin menyenangi permainan ini.

Selain itu, permainan dalam game online dirancang dengan bermacam-macam jenis atau type permainan, maka akan membuat anak usia remaja  semakin ingin  melanjutkan permainan tersebut. Setiap tantangan pada permainan tersebut membuat pemain selalu dibuat penasaran untuk dimainkan. Sehingga tidak heran jika waktu yang dihabiskan oleh pemain menjadi tidak terbatas.

Ketertarikan masyarakat saaat ini dengan game online, membuat munculnya e-sport yang merupakan kompetisi atau persaingan pada bidang game online. E-sport menjadi jenis pertandingan yang baru karena melihat antusias masyarakat terutama anak usia remaja terhadap permainan tersebut. Mereka saling beradu kemampuan dalam bermain game online untuk merebutkan hadiah yang ditawarkan oleh penyelenggara kompetisi.

Pertandingan yang dimainkan juga cukup beragam, sehingga menarik anak remaja khususnya untuk mengikutinya. Hal tersebut tentu semakin membuat masyarakat menjadikan game online sebagai permainanan yang dirasa memberi manfaat.

Dari yang sekedar hobi kini dapat membuka peluang prestasi. Kecanduan anak-anak terhadap game online tidak terhindarkan lagi, apalagi kini terdapat wadah untuk menyalurkan kegemaran mereka tersebut.

Tugas dari orang tua sekarang ini yaitu lebih tegas dalam  pengawasan pada kegiatan anak-anaknya terutama ketika mereka bermain game online dan memberikan batasan waktu ketika melakukan permainan tersebut agar tidak menjadi kecanduan yang berlebihan.

*) Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNY

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *